welcome

welcome to my blog

Senin, 26 Maret 2012

Makna dari Sebuah Penyesalan

semua orang pasti pernah mengalami apa itu penyesalan. begitu pun saya, saya pun pernah merasa menyesal atas suatu kejadian. penyesalan itu selalu datang pada akhir. menurut pendapat dan pengalaman saya, penyesalan itu terjadi ketika hati nurani kita menginginkan sesuatu tetapi jasmani kita belum bisa untuk mewujudkannya karena masih dihambat oleh beberapa faktor. dengan kata lain jika kita menginginkan sesuatu tetapi kita belum bisa untuk mewujudkannya karena ada beberapa faktor yang kita lakukan kurang maksimal. misalnya, seorang murid ingin mendapat nilai yang selalu bagus ada pelajaran apa pun. tetapi karena usaha yang di lakukannya kurng maksimal, sehingga dia mendapat nilai yang tidak sesuai dengan apa yang dia harapkan dan ketika itulah murid tersebut mengalami sebuah penyesalan. 

Tetapi di balik sebuah penyesalan itu tidak selalu mendatangkan dampak yang negatif lho teman. kita juga dapat mengambil dampak positif dari sebuah penyesalan. hal ini tergantung dari cara kita dalam menghadapi penyesalan tersebut.bila kita menghadapi sebuah penyesalan  dengan sikap yang tenang hati yang sabar, pikiran yang jernih, niscaya pelajaran dari sebuah penyesalan akan menghampiri kita.selain cara di atas kits juga harus menanggapi sebuah penyesalan dengan selalu berkomitmen pada diri kita sendiri bahwa kesalahan di masa lalu tidak boleh terulang kembali untuk yang kedea kalinya dan berkomitmen agar sealu berusaha untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan di masa lalu. nah, jika sudah seperti itu kita akan kedewasaan pun akan menghampiri kita dengan sendirinya, karena kedewasaan seseorang di nilai dari cara orang tersebut untuk menanggapi masalah termasuk sebuah penyesalan.sebaliknya, jika kita tidak bisa menanggapi sebuah penyesalan, maka penyesalan yang lain pun akan bertubi-tubi datang pada kita.

memikirkan faktor yang mengakibatkan terjadinya penyesalan itu penting karena hal tersebut dapat mengingatkan kita akan perubahan yang harus kita lakukan untuk menanggapi sebuah penyesalan. tetapi jika hanya memikirkan apa faktor dari penyesalan itu tanpa melakukan perubahan yang pasti. maka hal itu akan berdampak kerugian pada diri kita sendiri.

jadi intinya, dalam menghadapi sebuah penyesalan kita harus hadapi dengan fikiran yang jernih, ceria, sikap ketenangan diri,semangat, selalu berserah diriu pada Yang Maha Kuasa dan berkomitmen untuk melakukan sebuah perubahan untuk menghindari penyesalan yang lain. dan tak lupa selalu mengambil pelajaran atas sebuah penyesalan.  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar